Analisis Variansi
TUJUAN
Analisis
Variansi atau Analysis of Variance
(ANAVA) digunakan untuk menguji apakah k
kelompok mempunyai rerata yang sama atau tidak
PRASYARAT
Sebelum suatu
data dianalisis menggunakan Anava, data tersebut harus memenuhi prasyarat
sebagai berikut:
1.
Populasinya seimbang
2.
Populasinya independen
3.
Sampel berasal dari populasi yang
berdistribusi normal
4.
Populasi-populasi mempunyai variansi
yang sama (homogen)
PEMBERIAN
NAMA DAN MODEL DATA
Pemberian nama dan
model pada anava bergantung pada jumlah variabel bebasnya.
Variabel
Bebas
|
Variabel
Terikat
|
Nama
|
Model
|
1
|
1
|
Anava 1 jalan
|
|
2
|
1
|
Anava 2 jalan
|
|
Anava
Satu Jalan
Prosedur
Pengujian Hipotesis
1.
Formulasi Hipotesis
1)
:
:
paling sedikit ada satu rerata yang tidak sama
2) : , untuk setiap j = 1,
2, …, k atau )
: paling
sedikit ada satu atau
3) :
tidak ada pengaruh ‘variabel bebas’ terhadap ‘variabel terikat’
:
ada pengaruh ‘variabel bebas’ terhadap ‘variabel terikat’
2. Signifikansi 5%
3. Statistik Uji
4. Komputasi
Sumber
|
JK
|
db
|
RK
|
F
|
P
|
Perlakuan (A)
|
JKA
|
dbA
|
RKA
|
Fobs
|
Sig.
|
Galat (G)
|
JKG
|
dbG
|
RKG
|
|
|
Total
|
JKT
|
dbT
|
|
|
|
5. Daerah
Kritik (daerah penolakan)
DK atau p < α
6. Keputusan
7. Kesimpulan
(biasanya
membaca hipotesis pada bentuk verbal)
Contoh 1
Dari problem latihan 5.1.1 (modul
halaman 41), proses analisis menggunakan analisis variansi satu jalan karena
terdapat satu variabel bebas dan satu variabel terikat dengan jumlah kelompok
pada variabel bebas berjumlah tiga (lebih dari dua).
1.
: : )
: paling sedikit ada satu rerata yang tidak sama :
2. Signifikansi α = 5%
3. Statistik Uji
4. Komputasi
ANOVA
|
|||||
Nilai
|
|||||
|
Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Between Groups
|
335.353
|
2
|
167.676
|
.465
|
.632
|
Within Groups
|
13349.747
|
37
|
360.804
|
|
|
Total
|
13685.100
|
39
|
|
|
|
5. Daerah
Kritik (daerah penolakan)
·
DK
Ã
Ho diterima
·
p = 0.632 > α = 0.05 à Ho diterima
7. Kesimpulan
Tidak
ada pengaruh perbedaan dosen terhadap nilai rata-rata mahasiswa.
(dosen
yang berbeda memberikan pengaruh yang sama)
Contoh 2
Untuk melihat apakah ada perbedaan
efek tiga metode pembelajaran, yaitu metode A, B, dan C, terhadap prestasi
belajar, kepada kelas IA diberi pelajaran dengan metode A, kepada kelas IB
diberi pelajaran dengan metode B, dan kepada kelas IC diberi pelajaran dengan
metode C. Pada akhir catur wulan, kepada mereka diberi tes yang sama. Untuk
kepentingan analisis data, dari kelas IA diambil 4 siswa, dari kelas IB diambil
6 siswa, dan dari kelas IC diambil 5 siswa. Nilai-nilai mereka adalah sebagai
berikut:
Metode
A: 4 7
6 6
Metode
B: 5 1
3 5 3
4
Metode
C: 8 6
8 9 5
Dengan mengambil a = 5%,
a. Bagaimanakah kesimpulan
penelitian tersebut?
b. Jika ternyata metode
mengajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar, metode mengajar mana
yang paling baik?
Pengujian Hipotesis
1.
: : )
: paling sedikit ada satu rerata yang tidak sama :
2. Signifikansi α = 5%
3. Statistik Uji
4. Komputasi
ANOVA
|
|||||
Nilai Siswa
|
|||||
|
Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Between Groups
|
38.283
|
2
|
19.142
|
8.492
|
.005
|
Within Groups
|
27.050
|
12
|
2.254
|
|
|
Total
|
65.333
|
14
|
|
|
|
5. Daerah
Kritik (daerah penolakan)
·
DK
Ã
Ho ditolak
·
p = 0.005 < α = 0.05 à Ho ditolak
6. Kesimpulan
Ada
pengaruh perbedaan metode mengajar terhadap prestasi siswa
(Metode
belajar berbeda memberikan prestasi yang berbeda)
Catatan:
Uji Komparasi
Ganda
Karena
pada contoh 2, menyebutkan bahwa Ho ditolak yang menandakan ada perbedaan
pengaruh antara X dengan Y, sehingga perlu dilakukan penulusuran tentang
perbedaan tersebut. Hal ini dilakukan dengan cara memasangkan masing-masing
rerata. Jika terdapat k perlakukan maka akan ada pasang rerata yang bersesuian.
1. Formulasi hipotesis
H0 : mA = mB H0 : mA = mC H0 : mB = mC
H1 : mA ¹ mB H1 : mA ≠ mC H1 : mB ≠ mC
2. Tingkat signifikansi a = 5%
3. Statistik Uji: LSD
4.
Komputasi
Multiple Comparisons
|
||||||
Nilai Siswa
LSD
|
||||||
(I) Metode Belajar
|
(J) Metode Belajar
|
Mean Difference
(I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||
Metode A
|
Metode B
|
2.250*
|
.969
|
.039
|
.14
|
4.36
|
Metode C
|
-1.450
|
1.007
|
.176
|
-3.64
|
.74
|
|
Metode B
|
Metode A
|
-2.250*
|
.969
|
.039
|
-4.36
|
-.14
|
Metode C
|
-3.700*
|
.909
|
.002
|
-5.68
|
-1.72
|
|
Metode C
|
Metode A
|
1.450
|
1.007
|
.176
|
-.74
|
3.64
|
Metode B
|
3.700*
|
.909
|
.002
|
1.72
|
5.68
|
|
*. The
mean difference is significant at the 0.05 level.
|
5.
Daerah kritik
6. Keputusan (Rangkuman Uji)
|
Sig
|
Keputusan
|
Mean Dif.
|
Kesimpulan
|
mA = mB
|
0.039
|
H0
ditolak
|
2.250
|
mA > mB
|
mA = mC
|
0.176
|
H0
diterima
|
-1.450
|
mA = mC
|
mB = mC
|
0.002
|
H0
ditolak
|
-3.700
|
mB < mC
|
7. Kesimpulan
· Siswa
yang diberikan metode pembelajaran A mempunyai prestasi belajar yang lebih
bagus daripada siswa yang diberikan metode pembelajaran B.
· Siswa
yang diberikan metode pembelajaran A dan C mempunyai prestasi belajar yang
sama.
· Siswa
yang diberikan metode pembelajaran C mempunyai prestasi belajar yang lebih
bagus daripada siswa yang diberikan metode pembelajaran B.
Atau:
Siswa
yang diberikan metode pembelajaran A dan C mempunyai prestasi belajar yang sama
dan lebih bagus daripada siswa yang diberikan metode pembelajaran B.
Contoh 3
Seperti
contoh 2 untuk data berikut:
Metode
A: 2 4
3
Metode
B: 8 7
6 9
Metode
C: 3 4
5 6 7
(Penyelesaian
diserahkan kepada mahasiswa)
Contoh 4
Di suatu sekolah
pada saat yang hampir bersamaan kedatangan tiga orang
salesman dari tiga penerbit bahan belajar mandiri, yaitu penerbit A, penerbit
B, dan penerbit C. Menurut masing-masing penerbit, bahan belajar terbitannya
paling baik di antara bahan belajar yang ada. Tentu saja, sekolah tidak akan
membeli ketiganya, namun hanya akan membeli bahan ajar yang paling baik. Untuk
memilih bahan ajar yang paling baik, kepala sekolah mengujicobakan kepada 3
kelompok. Setelah selesai mempelajari bahan tersebut, diberikan tes yang sama.
Skor mereka sebagai berikut:
Penerbit
A :
87 80 74
82 74 81
97
Penerbit
B : 58
63 64 75
70 73 80
62 71
Penerbit
C :
81 62 70
64 70 72
92 63
Jika diambil α = 5%, dan diasumsikan
semua syarat analisis variansi terpenuhi, bagaimana kesimpulan penelitian
tersebut?
(Penyelesaian
diserahkan kepada mahasiswa)
Anava Dua Jalan
Sketsa Anava, Model
2 x 2
Seorang ingin meneliti perbandingan harga buah apel dan
jeruk ditinjau dari tempat dagangnya. Misal diperoleh data rerata seperti di
bawah ini (dalam satuan ribuan):
A. Tanpa Interaksi
|
Tempat Dagang
|
Rerata
Marginal
|
||
Pasar Legi
|
Pasar Gede
|
|||
Jenis
Buah
|
Apel
|
2
|
4
|
3
|
Jeruk
|
3
|
5
|
4
|
|
Rerata Marginal
|
2,5
|
4,5
|
|
B. Dengan Interaksi
|
Tempat Dagang
|
Rerata
Marginal
|
||
Pasar Legi
|
Pasar Gede
|
|||
Jenis
Buah
|
Apel
|
4
|
3
|
3,5
|
Jeruk
|
3
|
5
|
4
|
|
Rerata Marginal
|
3,5
|
4
|
|
Contoh 1
Seorang mahasiswa yang sedang
mengerjakan tugas akhir ingin mengetahui pengaruh metode mengajar (Drill dan
Ikuiri) terhadap prestasi mata pelajaran Matematika di SMAN 2 Surakarta
ditinjau dari pola asuh orang tua (Demokratis, Permisif dan Otoriter). Untuk
kepentingan tersebut diambil sampel random sebanyak 20 siswa untuk diberikan
perlakuan dalam pembelajaran matematika dengan metode Drill dan 18 siswa
diberikan metode Inkuiri. Di akhir penelitian diadakan tes dengan hasil sebagai berikut, (α =
5%):
|
Metode Mengajar (B)
|
||
Drill
|
Inkuiri
|
||
Pola Asuh
Ortu
(A)
|
Demokratis
|
7,8,6,6,7
|
9,8,7,9,7
|
Permisif
|
6,7,6,5,5,6,7,5,8,6
|
7,6,6,7,8,8,7,6
|
|
Otoriter
|
4,4,3,4,5
|
5,5,6,6,4
|
Rumusan masalah:
1.
Manakah di
antara pola asuh orang tua (demokratis, permisif dan otoriter) yang memberikan
efektifitas paling baik terhadap prestasi belajar siswa?
2.
Manakah di
antara metode mengajar (drill dan inkuiri) yang memberikan efektifitas paling
baik terhadap prestasi belajar siswa?
3.
Apakah
terdapat interaksi antara pola asuh
orang tua dan metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa? (apa maksudnya?)
Formulasi
Hipotesis
1.
Formulasi Hipotesis (Model Matriks Anava )
1) : , untuk setiap i = 1, 2, 3 (baris)
: paling sedikit ada satu
: , untuk setiap j = 1, 2 (kolom)
: paling sedikit ada satu
: , untuk setiap i = 1,
2, 3 dan j = 1, 2
(sell)
: paling sedikit ada satu
Artinya
: tidak ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap
prestasi belajar
: ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap
prestasi belajar
: tidak ada pengaruh metode mengajar
terhadap prestasi belajar
: ada pengaruh metode terhadap prestasi
belajar
: tidak
ada interaksi antara pola asuh orang tua dan metode mengajar (AB) terhadap
prestasi belajar
: ada interaksi antara pola asuh orang tua
dan metode mengajar (AB) terhadap prestasi belajar
2.
Signifikansi 5%
3.
Statistik Uji
4.
Komputasi
Tests of
Between-Subjects Effects
|
|||||
Dependent Variable:Prestasi
Belajar
|
|||||
Source
|
Type III Sum of
Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Corrected Model
|
50.941a
|
5
|
10.188
|
12.848
|
.000
|
Intercept
|
1333.805
|
1
|
1333.805
|
1682.040
|
.000
|
Pola
|
41.437
|
2
|
20.718
|
26.128
|
.000
|
Metode
|
9.835
|
1
|
9.835
|
12.402
|
.001
|
Pola * Metode
|
.425
|
2
|
.212
|
.268
|
.767
|
Error
|
25.375
|
32
|
.793
|
|
|
Total
|
1542.000
|
38
|
|
|
|
Corrected Total
|
76.316
|
37
|
|
|
|
5. Daerah Kritik (daerah penolakan)
·
DKA
ditolak
atau ditolak
·
DKB ditolak
atau ditolak
·
DKAB diterima
atau diterima
6. Kesimpulan
a. Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar
b. Ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar
c. Tidak ada interaksi antara pola asuh dan metode belajar terhadap
prestasi belajar
Uji
Lanjut Pasca Anava (Komparasi Ganda)
Karena dan ditolak, maka perlu dilakukan komparasi gandan
antar baris dan antar kolom.
A. Komparasi Komparasi Antar Baris
1. Formulasi hipotesis
H0 : mD = mP H0
: mD = mO H0 : mP = mO
H1 : mD ¹ mP H1 : mD ¹ mO H1 : mP ¹ mO
2. Tingkat signifikan a
= 5%
3. Statistika Uji: LSD
4.
Komputasi
Pairwise
Comparisons
|
||||||
Dependent Variable:Prestasi
Belajar
|
||||||
(I) Pola Asuh
|
(J) Pola Asuh
|
Mean
Difference
(I-J)
|
Std.
Error
|
Sig.a
|
95% Confidence
Interval
for Differencea
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||
Demokratis
|
Permisif
|
.913*
|
.352
|
.014
|
.196
|
1.629
|
Otoriter
|
2.800*
|
.398
|
.000
|
1.989
|
3.611
|
|
Permisif
|
Demokratis
|
-.913*
|
.352
|
.014
|
-1.629
|
-.196
|
Otoriter
|
1.888*
|
.352
|
.000
|
1.171
|
2.604
|
|
Otoriter
|
Demokratis
|
-2.800*
|
.398
|
.000
|
-3.611
|
-1.989
|
Permisif
|
-1.888*
|
.352
|
.000
|
-2.604
|
-1.171
|
5.
Daerah kritik
6. Keputusan Uji
H0 |
p
|
Keputusan
|
Dif
|
Kesimpulan
|
mD = mP
|
0.014
|
H0 ditolak
|
0.913
|
mD
> mP
|
mD = mO
|
0.000
|
H0 ditolak
|
2.800
|
mD
> mO
|
mP = mO
|
0.000
|
H0 ditolak
|
1.888
|
mP
> mO
|
7. Kesimpulan (D > P > O)
· Siswa dengan pola asuh Demokratis memberikan efek yang lebih baik daripada siswa
dengan pola asuh Permisif.
· Siswa dengan pola asuh Demokratis memberikan efek yang lebih baik daripada
siswa dengan pola asuh Otoriter.
· Siswa dengan pola asuh Permisif memberikan efek yang lebih baik daripada
siswa dengan pola asuh otoriter.
B. Komparasi Komparasi Antar Kolom
1. Formulasi hipotesis
H0 : mD = mI
H1 : mD ¹ mI
2. Tingkat signifikan a
= 5%
3. Statistika Uji: LSD
4.
Komputasi
Pairwise
Comparisons
|
||||||
Dependent Variable:Prestasi
Belajar
|
||||||
(I) Metode
Mengajar
|
(J) Metode
Mengajar
|
Mean
Difference
(I-J)
|
Std. Error
|
Sig.a
|
95% Confidence
Interval for
Differencea
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||
Drill
|
Inkuiri
|
-1.058*
|
.301
|
.001
|
-1.670
|
-.446
|
Inkuiri
|
Drill
|
1.058*
|
.301
|
.001
|
.446
|
1.670
|
5.
Daerah kritik
6. Keputusan Uji
H0 |
p
|
Keputusan
|
Dif
|
Kesimpulan
|
mD = mI
|
-1.058
|
H0 ditolak
|
0.001
|
mD <
mI
|
7. Kesimpulan
· Metode pembelajaran Inkuiri memberikan pengaruh yang lebih bagus terhadap
prestasi belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran Drill.
KESIMPULAN
PENELITIAN
1.
Pola asuh demokratis memberikan pengaruh yang lebih bagus
terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pola asuh Permisif dan
Otoriter, serta pola asuh Permisif memberikan pengaruh yang lebih bagus
daripada pola asuh Otoriter.
2.
Metode pembelajaran Inkuiri memberikan pengaruh yang
lebih bagus terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan metode
pembelajaran Drill.
3.
a. Pada
masing-masing pola asuh (demokratis, permisif dan otoriter), metode inkuiri pasti selalu memberikan efek yang lebih
baik daripada metode drill.
b. Pada masing-masing metode pembelajaran (drill
dan inkuiri), pola asuh demokratis pasti
selalu memberikan efek yang lebih baik daripada pola asuh permisif dan
otoriter, serta pola asuh permisif pasti
selalu memberikan efek yang lebih baik daripada pola asuh otoriter.
Catatan:
Jika terdapat interaksi, maka kata-kata “pasti selalu” dapat digantikan dengan “tidak selalu/belum pasti”.
Contoh 2
Suatu penelitian dilakukan untuk
mengetahui perbedaan pengaruh metode mengajar Diskusi dan Ceramah terhadap
prestasi mata pelajaran matematika di SMU X ditinjau dari motivasi belajar
siswa. Di akhir penelitian diadakan tes dengan hasil sebagai berikut :
|
Motivasi Belajar (B)
|
|||
Tinggi
|
Sedang
|
Rendah
|
||
Metode
Mengajar
(A)
|
STAD
|
7 6 5
7 5 6
|
7 6
5 7
|
4 5
5 6
5 4
7 6
|
NHT
|
9 7 6
8 8 9
|
6 7
5 5
4 7
7 6
|
2 3 5
3 2 3
|
Jika semua asumsi yang melandasi ANAVA
dipenuhi.
a.
Lakukan analisis variansi untuk
mengetahui pengaruh metode mengajar, motivasi belajar dan interaksi keduanya terhadap prestasi
matematika (dengan a = 5
%)!
b.
Kesimpulan apa yang anda peroleh
mengenai :
· Metode
mengajar (metode mana yang lebih baik)
· Motivasi
belajar (motivasi belajar mana yang
paling baik)
· Interaksi
metode mengajar dan motivasi belajar
(simpulkan tanpa kata interaksi)
(Penyelesaian
diserahkan kepada mahasiswa sebagai diskusi)
Contoh 3
Suatu penelitian dilakukan untuk
mengetahui perbedaan pengaruh ukuran kelas terhadap prestasi mata pelajaran matematika di SMU X ditinjau dari waktu belajar siswa. Di akhir
penelitian diadakan tes dengan hasil sebagai berikut :
|
Waktu Belajar (B)
|
|||
Pagi
|
Siang
|
Sore
|
||
Ukuran
Kelas
(A)
|
Besar
|
10 5
6 7
|
5 3 4
6 6 5
|
7 6 5
6 6
|
Sedang
|
5 3 4
8 6 5
|
9 8
8 7
|
7 6
4
|
|
Kecil
|
9 8 10
8 7
|
7 8
7 8
|
8 7
10 8
|
Jika semua asumsi yang melandasi ANAVA
dipenuhi.
a.
Lakukan analisis variansi untuk
mengetahui pengaruh ukuran kelas, waktu belajar dan
interaksi keduanya terhadap prestasi matematika (dengan a = 5 %)!
b.
Kesimpulan apa yang anda peroleh
mengenai :
· Ukuran kelas (ukuran kelas mana
yang lebih baik)
· Waktu belajar (waktu belajar mana yang paling baik)
· Interaksi
ukuran kelas dan waktu belajar (simpulkan
tanpa kata interaksi)
(Penyelesaian
diserahkan kepada mahasiswa sebagai latihan)
Slots Casino Site - Live Blackjack Review - LuckyClub Live
ReplyDeleteRead luckyclub our review of Slots Casino. Get the bonus, rules, software, player complaints, security, complaints, latest promotions and offers.