A. Pendekatan/metode yang cocok untuk materi pembelajaran Relasi kelas
VIII SMP
1.
Pendekatan Deduktif
Pendekatan
deduktif ditandai dengan pemaparan konsep, definisi dan istilah-istilah pada
bagian awal pembelajaran. Pendekatan deduktif dilandasi oleh suatu pemikiran
bahwa proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik bila siswa telah
mengetahui wilayah persoalannya dan konsep dasarnya(Suwarna,2005).
2.
Pendekatan Konsep
Pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan konsep berarti siswa dibimbing memahami suatu
bahasan melalui pemahaman konsep yang terkandung di dalamnya. Dalam proses
pembelajaran tersebut penguasaan konsep dan subkonsep yang menjadi fokus.
Dengan beberapa metode siswa dibimbing untuk memahami konsep.
3. Metode
demonstrasi
Metode demonstrasi adalah metode
penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa
tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya
sekedar tiruan. Dalam metode ini tidak terlepas dari penjelasan lisan oleh guru
dan nantinya dilanjutkan dengan demonstrator untuk memperlihatkan kepada
seluruh kelas suatu proses, misalnya ukuran suatu ruangan dengan menggunakan
konsep matematika. Metode demonstrasi biasa digunakan jika siswa ingin
mengetahui tentang bagaimana mengaturnya, bagaimana proses mengerjakannya,
bagaimana proses membuatnya, dan terdiri dari apa.
B.
Kelebihan dan
kekurangan
1. Pendekatan
induktif
a. Kelebihan
pendekatan induktif
F Siswa
dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
F Pembelajaran
berpusat pada siswa
F Siswa
diharapkan berpikir kritis
b. Kelemahan
pendekatan induktif
F Siswa
sulit bekerja sama
F Siswa
Membutuhkan banyak waktu untuk membuat contoh ketika diminta guru
F Guru
mengalami banyak kesulitan atau terbebani karena banyak persiapan yang harus
dilakukan.
2. Pendekatan
konsep
a. Kelebihan
pendekatan konsep
F Siswa
dapat paham tentang konsep yang
diberikan
F Siswa
lebih mudah memahami symbol-simbol yang ada dalam matematika
b. Kelemahan
pendekatan konsep
F Membutuhkan
waktu yang lama
F Suatu
konsep akan mengalami perubahan bila timbul fakta baru.
3. Metode
demonstrasi
a. Kelebihan Metode Demonstrasi
F Bila siswa turut aktif melakukan demonstrasi, maka siswa akan
memperoleh pengalaman praktek untuk mengembangkan kecakapan dan keterampilan
F Proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab siswa tidak hanya
mendengar tetapi siswa akan terus aktif secara fisik dan mental
F Dengan cara mengamati secara langsung, siswa akan memiliki
kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan
b. Kelemahan Metode Demonstrasi
F Memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai yang
berarti penggunaan metode ini memerlukan pembiayaan yang lebih mahal
dibandingkan dengan ceramah
F Demonstrasi tidak efektif bila tidak diikuti kegiatan yang
memungkinkan siswa ikut mencoba, yang merupakan pengalaman yang berharga bagi siswa
F Kadang suatu demonstrasi menjadi kurang bermakna jika tidak
dilakukan ditempat yang sebenarnya
Sands Casino & Hotel
ReplyDeleteWe are 바카라 in 제왕 카지노 town at the Sands Casino & Hotel and we're in the mood for something 샌즈카지노 new. In our 20,000 square foot casino you can enjoy all kinds of fun and